Skip to main content

Menciptakan Gudang Modern yang Hijau dan Berkelanjutan

By January 12, 2023article, News, sewa gudang

Kesadaran untuk menciptakan industri hijau dan berkelanjutan kini makin marak di kalangan pelaku bisnis di dunia, isu global warming yang makin dirasakan di bumi kita tercinta ini menyebabkan munculnya banyak kekhawatiran akan masa depan bumi untuk anak cucu kita kelak.

Sebagai akibat dari kesadaran akan lingkungan dan efek global warming, keinginan untuk menciptakan bisnis dan industry yang hijau dan berkelanjutan menjadi makin kuat, termasuk di dalam industri logistik dan pergudangan.

Saat ini gudang modern tidak hanya berfungsi sebagai sebuah tempat penyimpanan, dengan makin beragamnya industry dan komoditas, maka tuntutan spesifikasi sebuah gudang menjadi makin beragam. Gudang modern kini mulai dilengkapi dengan sistem temperatur control, cold storage, sistem otomatisasi dan robotika yang tentunya menuntut kebutuhan energi yang besar dari yang dapat di berikan oleh gudang tradisional.

Efisiensi energi di gudang hijau dan berkelanjutan

Makin besarnya kebutuhan energi tentu berakibat pada makin besarnya carbon footprint  dari sebuah gudang, carbon footprint adalah jumlah karbon atau gas rumah kaca yang dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia dalam kurun waktu tertentu. Salah satu penyumbang terbesar dari carbon footprint   tentunya adalah jumlah penggunaan energi listrik.

Untuk mengurangi penggunaan energi listrik,ada beberapa metode yang dapat dilakukan berikut point point yang dapat di lakukan:

  1. Design gudang yang optimal dengan pencahayaan yang baik, sehingga mengurangi penggunaan penerangan tambahan di dalam ruangan gudang.
  2. Optimalisasi pengoperasian peralatan gudang, termasuk perawatan dan pemeliharaannya, sehingga alat alat operasional gudang dapat bekerja optimal
  3. Penggunaan energi terbarukan seperti solar panel sehingga dapat menekan jejak karbon dalam operasional gudang.

Pengolahan limbah

Selain carbon footprint, faktor lain yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah ekosistem gudang yang hijau dan berkelanjutan adalah pengurangan jejak limbah dalam pengoperasian kegiatan pergudangan dan logistik. Hal hal yang harus diperhatikan di dalam pengurangan jejak limbah diantaranya adalah:

  1. Pengolahan limbah dengan metode daur ulang dan mengambil efek ekonomis dari bahan bahan atau sampah produksi yang bisa didaur ulang sehingga tidak hanya memberi manfaat bagi perusahaan namun juga dengan lingkungan sekitar
  2. Mematuhi regulasi lingkungan dan pemerintah mengenai pengolahan air dan limbah usaha sehingga tidak mencemari lingkungan.
  3. Menyediakan ruang terbuka hijau di lingkungan bangunan berdiri

Gudang modern hijau kini sudah dianggap sebagai bagian dari rantai logistik berkelanjutan. Banyak pelaku usaha melihat bangunan gudang modern dengan spesifikasi hijau  sebagai sebuah komitmen bagi  organisasi perusahaan  yang menjalani transformasi keberlanjutan.

Penutup

Perusahaan perusahaan yang menerapkan pola bisnis keberlanjutan dihargai dengan baik oleh investor dan konsumen saat ini; pindah ke gudang yang lebih hijau di masa depan juga dapat membantu organisasi mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan komunitas lokal. Mengingat berkelanjutan, gudang masa depan cenderung lebih murah daripada gudang tradisional dalam jangka panjang. Oleh karena itu agar tidak tertinggal dengan tuntutan investor dan konsumen, PT Mega Manunggal Property Tbk (MMP) turut berkomitmen untuk menerapkan gudang modern hijau dan berkelanjutan di dalam semua aset bangunan MMP. Salah satu bukti komitmen kami adalah dengan menjalankan sertifikasi ISO 14001, sehingga semua gudang kami memiliki standar yang sama untuk: meminimalisir dampak negatif kegiatan-kegiatan mereka terhadap lingkungan, 

markom

Leave a Reply