Skip to main content

Tips Memilih Lokasi Sewa Gudang

By January 28, 2022April 13th, 2022article

Ketika Anda mengetahui apa saja tips memilih lokasi sewa gudang, maka Anda akan mendapatkan keefisienan. Penyewaan gudang lebih efisien karena beberapa hal akan lebih lancar. Bukan sekedar lokasi, sebab lokasi yang tepat bisa memudahkan banyak hal kedepannya.

Apalagi jika Anda berencana menyewa gudang dalam jangka waktu lama, pastinya harus benar-benar selektif. Entah itu untuk selektif ketika memilih lokasi gudang sewa, selektif memilih siapa yang menyewakannya, atau spek gudangnya sendiri.

Di kesempatan ini Anda akan mengetahui apa saja tips memilih lokasi sewa gudang.

Tips Memilih Lokasi Sewa Gudang

Mulai dari memilih lokasi yang dekat dengan pasar hingga memeprtimbangkan biaya. Jadi, Anda tetap bisa menyewa gudang dengan modal yang tersedia, tidak terlalu memaksa. Berikut beberapa tips memilih lokasi gudang.

1.       Lokasi yang Dekat Dengan Pasar

Ini sudah menjadi teori umum, bahwasannya siapa yang bisa menjangkau pasar lebih mudah dan cepat akan menjadi yang paling untung. Memilih gudang yang dekat dengan pasar atau konsumen adalah tips pertamanya.

2.       Lokasi Dengan Infrastruktur Memadai

Bukan hanya untuk mendekati pasar saja supaya distribusinya lancar, ini juga harus didukung dengan lokasi yang infrastrukturnya sudah lengkap. Seperti jalan beraspal, transportasi umum, dan lainnya. Memudahkan Anda dalam mengontrol langsung operasional yang ada di gudang, juga untuk para karyawan.

Banyaknya truk mungkin akan datang untuk mengantar dan juga mengambil barang, karenanya infrastruktur harus memadai.

3.       Lokasi Anti Bencana

Hindari kerugian perusahaan dengan cara memilih gudang dengan lokasi yang tidak rawan bencana. Entah itu tidak rawan banjir, tidak rawan kebakaran, atau bencana jenis lainnya.

Ini harus dilengkapi dengan safety di dalam operasional gudang sendiri, sehingga barang yang disimpan benar-benar aman. Salah satunya seperti menyediakan alat pemadam kebakaran dan memberikan wawasan K3 pada para karyawan.

4.       Pertimbangkan Biaya

Beberapa tips memilih lokasi gudang di atas akan kurang bila biaya sewa tidak dipertimbangkan. Berbisnis memang harus bermodal, namun bukan berarti harus bermodal sebesar mungkin apalagi hanya untuk kebutuhan penyimpanan atau operasional.

Masih ada kebutuhan perusahaan lainnya yang sama pentingnya dan sama-sama membutuhkan biaya (modal).

Mencari pemberi sewa gudang yang mau negosiasi boleh saja, namun Anda sebaiknya juga pastikan gudang yang disewa benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Supaya gudang bisa disewa dengan budget yang efisien.

Cari Sewa Gudang Sekarang

Sudah lebih tahu gudang di lokasi mana yang harus dipilih. Lebih mudah carinya karena Anda sudah tahu daerah mana di dalam kota atau provinsi yang terdapat gudang untuk disewakan pada Anda.

Masih adakah pertimbangan lain selain lokasi gudang?

Baca juga: 5 tips memilih gudang terbaik

Meski tahu lokasi mana yang harus dipilih, Anda juga harus tahu luas gudang yang seharusnya dipilih. Apakah perusahaan membutuhkan gudang seluas mungkin, atau yang ratusan meter persegi saja karena memang segitu dibutuhkannya.

Penting juga untuk mengetahui jenis gudang yang dibutuhkan. Apakah Anda membutuhkan gudang untuk menyimpan bahan mentah, gudang untuk menyimpan barang setengah jadi, untuk hasil produksi, untuk pusat transhipment, untuk retur barang, gudang modern, gudang dengan pengatur suhu, atau gudang biasa.

Fasilitas yang ditawarkan pemberi sewa gudang juga juga harus diketahui, alias mengecek speknya. Jadi, bukan hanya luas saja yang perlu dipastikan. Sebab beberapa kegiatan industri atau distribusi membutuhkan fasilitas-fasilitas tambahan tertentu, misalnya conveyor belt atau mungkin loading dock

admin

Leave a Reply