Skip to main content

PERGUDANGAN MODERN: DEFINISI DAN KEUNTUNGAN UNTUK BISNIS ANDA

By August 5, 2021article
gudang modern

Gudang secara definisi adalah  tempat perusahaan menyimpan barang baik yang akan digunakan untuk produksi, maupun barang hasil produksi yang akan dikirim ke pelanggan. Karena barang yang disimpan bisa dianggap sebagai modal usaha perusahaan, maka sebuah gudang menjadi signifikan bagi sebuah perusahaan.

Barang barang yang disimpan di dalam gudang tidak hanya harus dipastikan keamanannya, namun juga harus dipastikan untuk dimudahkan dalam proses bongkar muat, dan mudah akses keluar dan masuk untuk didistribusikan dan dikonversi menjadi keuntungan perusahaan.

Dilihat dari jenisnya, tipe pergudangan di Indonesia ada dua kelompok. Kelompok pertama adalah gudang konvensional dan kelompok kedua ada gudang modern.

Di tipe gudang konvensional, biasanya berbentuk ruangan yang memilik area, dimana tiap area memiliki kegunaan proses berbeda, sifatnya yang masih konvensional menyebabkan gudang ini padat karya dan memiliki staf lebih dari 10 orang, designnya bersifat terbuka untuk memastikan pergerakan barang dan orang, selain barang yang disimpan secara vertikal terbatas dan masih menggunakan sistem inventori sederhana.

Sebaliknya dengan gudang modern, biasanya memilik sifat struktur bangunan dengan atap tinggi ( lebih dari 11 meter) dan memiliki perkuatan pada lantai yang mampu menampung beban hingga 4 ton/m struktur tinggi menyebabkan sirkulasi udara dan suhu lebih baik dan dingin, selain itu lantai yang flat dan datar menjamin penggunaan robot atau forklift untuk mempermudah bongkar muat dan otomatisasi. Karena adanya otomatisasi maka jumlah staf dalam gudang modern jauh lebih sedikit, data dan barang pun sudah dapat diakses secara realtime karena gudang modern mendukung industry 4.0.

Dari gambaran diatas terlihat bagaimana keuntungan gudang modern dibandingkan gudang konventional, namun meskipun demikian bukan berarti kemudian pergudangan modern tidak memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan dari gudang modern adalah nilai investasi awalnya yang mahal. Gudang modern yang memiliki ciri bangunan dengan langit-langit tinggi dan lantai yang diperkuat membutuhkan biaya besar untuk membangun, ditambah lagi dengan instalasi pendukung seperti jaringan internet, racking, otomatisasi, dan sistem manajemen gudang, membuat nilai investasi  dari gudang modern semakin membumbung tinggi.

Lalu apakah itu berarti gudang modern menjadi solusi yang mahal untuk pergudangan di Indonesia? Tentu saja tidak, karena dalam operasionalnya gudang modern memberikan lebih banyak keuntungan yang tentu saja mengurangi beban perusahaan dalam waktu lama.

Untuk mengatasi mahalnya nilai Investasi awal, perusahaan bisa melakukan opsi sewa gudang. Di Indonesia PT Mega Manunggal Property Tbk (MMP), sebagai perusahaan Indonesia pertama yang bergerak di bisnis penyewaan pergudangan modern memahami bagaimana kebutuhan akan gudang modern sangat besar di Indonesia yang mulai memasuki booming ekonomi e-commerce.

MMP menyediakan gudang gudang modern, dengan spesifikasi build to suit ( dirancang khusus untuk satu klien utama ) ataupun multi purpose warehouse (satu gudang untuk multi klien), dengan lokasi lokasi yang strategis seperti gudang Intirub yang hanya 5 menit dari bandara Halim Perdana Kusuma, gudang Block AE ( multi level Warehouse ) yang ada di timur jakarta.

Selain itu MMP juga sudah memiliki dua gudang di timur Indonesia yaitu gudang Osowilangun dan Manyar yang siap untuk disewakan. Untuk informasi lebih mengenai portofolio dari MMP bisa dilihat melalui link disini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana anda dapat sewa gudang MMP , anda dapat menghubungi kami di info@mmproperty.com, atau melalui tim sales dan marketing kami di 021 2937 9055 (Marketing) 0896 7549 1465 (Astrin) 0898 0613 888 (Maria)

admin

About admin

Leave a Reply