Skip to main content

Memilih Lokasi Sewa Gudang yang Ideal

By March 11, 2022April 27th, 2022article

Memilih lokasi sewa gudang bukan hanya soal mana yang paling dekat dengan pintu tol saja. Gudang yang dekat dengan pintu tol memang mendukung beberapa hal. Seperti dukungan untuk biaya transportasi yang lebih irit, waktu pengiriman barang yang cepat, dan hal lainnya yang ekonomis.

Namun itu saja akan kurang.

dalam memilih Lokasi sewa Gudang ideal Ada perusahaan dengan operasional yang harus dekat dengan pelabuhan, ada yang harus dekat dengan bandara. Ada juga yang harus dekat dengan penghijauan.

Memilih Lokasi Gudang

Nantinya Anda juga akan memastikan apakah gudang yang disewa lengkap dengan infrastruktur jalan seluas 24 meter yang memiliki spesifikasi baik. Lebih dari itu, apakah penerangan dan penghijauannya bagus, akan jadi pertimbangan.

Fasilitas yang matang, keamanan penuh selama 24 jam, akan jadi kebutuhan dalam memilih gudang untuk disewa. Lantas, apa kesimpulan atas bahasan memilih lokasi gudang yang ideal?

Apakah ideal jika sewa gudang jauh dengan pasar? Pasar di bagian ini erat kaitannya dengan pada ketersediaan atau permintaan dari konsumen atau demand.

Gudang yang dekat dengan pasar, produk akan memiliki mobilisasi yang mudah dan cepat. Produk bisa cepat sampai ke konsumen, kebutuhan konsumen terpenuhi dengan baik. Lebih baik lagi jika lokasi yang dipilih juga dekat dengan pemasok.

Dekat dengan pemasok bahan baku, fasilitas gudang memadai, dan juga dekat dengan lancar. Tidak akan sulit bagi perusahaan Anda untuk berkembang pesat. Jangan lengah untuk memilih lokasi gudang yang seperti ini untuk keuntungan ekstra di masa depan.

Pilih juga gudang yang lokasinya didukung infrastruktur bagus,

Baca Juga: Mengapa Cileungsi ideal sebagai area gudang

Pertimbangkan kekuatan jalan dalam menahan beban, lebar jalan, dan juga kelas jalan dengan tujuan memastikan gudang bisa dijangkau dengan baik. Gudang Anda harus memiliki keberadaan yang bisa dijangkau sarana transportasi. Ini sifatnya menghemat operasional. Akan berbeda biaya yang dibutuhkan truk berisi stok yang lewat di jalan macet, jalan rusak, atau jalan semulus seperti di jalan tol.

Jika dibutuhkan, pastikan lokasi juga dekat dengan terminal, bandara, atau pelabuhan. Beberapa barang melewati sarana-sarana ini dan pada akhirnya harus segera disimpan di ruangan khusus seperti gudang.

Boleh saja memilih lokasi gudang jauh dari hiruk pikuk kota, namun pastikan ada jaringan internet. Modernisasi sampai ke manajemen gudang, yang membuat penyimpanan gudang jadi lebih hemat, mudah, dan cepat untuk pengawasannya. Membuat barang akan tetap aman.

Lebih bagus lagi, pastikan lokasi tersebut mendukung penggunaan alat komunikasi dan sudah ada sumber airnya.  Namun agaknya, semua pemberi gudang sewa sudah memikirkan hal ini dan menggunakanya pada gudang yang mereka bangun.

Selanjutnya adalah untuk mempertimbangkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjangkau lokasi gudang. Baik itu dari pabrik ke konsumen maupun pabrik ke pemasok. Kemudian sesuaikan dengan peraturan di daerah itu.

Alasannya, ada beberapa daerah yang memiliki program pemerintah yang mengatur biaya khusus. Biaya berupa insentif pajak, guna bisa menarik perhatian para investor. Penting untuk dipertimbangkan ketika cari gudang sewa bukan?

Hal-hal lainnya yang cukup klise adalah untuk memastikan lokasi gudang aman dari faktor eksternal. Seperti misalnya tidak mudah atau tidak sering banjir, aman dari tanah longsor, atau lain-lainnya yang mengancam karyawan serta barang yang ada.

Untuk menghindari kerugian memang perlu dilakukan beberapa usaha. Tidak masalah usaha ekstra di awal, demi menemukan gudang terbaik versi operasional perusahaan Anda. 

admin

Leave a Reply