Skip to main content

Bisnis E-commerce Menggeliat, Gudang Modern Makin Dicari

By August 23, 2021article

Dalam era Pandemi Covid-19, volume transaksi logistik di Indonesia mengalami peningkatan akibat menggeliatnya bisnis kurir dan e-commerce yang diakibatkan oleh meningkatnya perilaku dan aktivitas digital penduduk Indonesia selama pandemi ini. Aktifitas belanja online yang meningkat akibat pembatasan sosial di era pandemi ini berkontribusi mendongkrak bisnis online dan pengiriman barang di Indonesia.

Menyadur data dari Kementerian Keuangan yang menyebutkan bahwa segmen logistik relatif stabil selama pandemi Covid-19. Data ini juga menunjukan peningkatan dalam segmen logistik lewat e-commerce yang meningkat 18,1% menjadi 98,3 juta transaksi dengan total nilai transaksi naik 9,9% menjadi Rp 20,7 triliun.

Peningkatan dalam bisnis e-commerce ini juga didukung oleh pemerintah dengan diterbitkannya Perpres No. 74 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik. Melalui Perpres ini semakin memicu pertumbuhan di perdagangan online terutama business to customer e-commerce.

Business to customer e-commerce ini sendiri lebih di kenal juga sebagai bisnis e-retail, di Indonesia bisnis ini berkembang sangat pesat karena adanya dukungan dari website serta banyaknya toko virtual (dunia maya), bahkan mall di internet yang menjual beragam kebutuhan masyarakat. Beberapa contoh e-commerce berjenis Business to Customers (B2C) seperti Lazada, Blibli, Shopee, Zalora, Berrybenka, dan Bhinneka.

Selain itu  marketplace seperti Tokopedia dan bukalapak turut meramaikan bisnis e-commerce. Hal ini tentu saja memicu bisnis retail traditional untuk beralih ke digitalisasi. Apabila dahulu toko fisik merupakan hal yag penting sebagai etalase dan tempat transaksi, kini peranan toko digantikan oleh website dan aplikasi digital yang dapat dengan mudah diakses dengan jempol tangan pembeli.

Perubahan bisnis retail dari toko traditional ke bisnis e-commerce tentu tidak hanya memberi peluang pada jasa kurir dan expedisi di Indonesia. Perubahan ini juga memunculkan permintaan baru terhadap ruang gudang modern tidak hanya sebagai Mega distribution center, namun juga permintaan sebagai gudang hub untuk  penyimpanan, pengelolaan dan distribus ke pelanggan.

Namun mengapa gudang modern yang dicari oleh bisnis ini? Jawabannya karena gudang modern memberikan flexibilitas, efesiensi dan nilai ekonomis bagi bisnis logistik terutama e-commerce.ti

Memang investasi untuk gudang modern jauh lebih besar daripada gudang konvensional, dikarenakan gudang modern memiliki perbedaan di struktur bangunan yang lebih tinggi, lantai yang lebih kuat, adanya area charging dan juga design area loading dan unloading yang modern. Ditambah lagi keberadaan sistem keamanan dari api turut menambah nilai investasi dari gudang modern.

Namun nilai investasi itu menjadi terbayar karena efisiensi dan kemudahan yang didapat dari gudang modern. PT Mega Manungal Property Tbk (MMP), sebagai perusahaan pertama Indonesia dalam bisnis pergudangan modern memahami akan kebutuhan pasar akan gudang modern.

Sampai saat ini MMP telah dipercaya untuk menyediakan space gudang modern untuk bisnis e-commerce dari LAZADA, Shopee, JD.id, Tokopedia. Dan banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa gudang MMP telah diakui layak dan sesuai dengan standar yang dimiliki e-commerce besar di dunia.

Pada saat ini kami dengan bangga telah membuka dan memperluas jasa sewa gudang kami hingga Surabaya, dengan selesainya gudang kami di Osowilangun dan Manyar. Selain itu apabila customer ingin menyewa gudang di area sekitar Jakarta, kami masih memiliki space yang dapat diisi di gudang multi tenan kami di Block AE, dan Pondok Ungu.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di info@mmproperty.com, atau melalui tim sales dan marketing kami di 021 2937 9055 (Marketing) 0896 7549 1465 (Astrin) 0898 0613 888 (Maria)

admin

About admin

Leave a Reply